Sehari dengan teman fiktif (2)

Y: iya, lo mesti bisa bedain dong, mana pengangguran mana bukan, mana miskin mana bukan. mengukur itu mesti objektif, kalo cuma dengar dari koran kan ga selalu bener?
X : ya gua kan liat yang nyata nyata aja.
Y: betul, tapi kan juga mesti objektif, kalo cuma komentar kosong bisa jadi fitnah. Jadi gini, orang miskin dan pengangguran itu mesti dibedakan. Pengangguran, itu bisa jadi pilihan, dan miskin itu bukan selalu konsekuensi logis dari menganggur pengangguran itu kompleks loh bisa macem macem, so gak segampang lo ngomong di warung kopi.

Y : manusia hidup perlu uang, kalo dia leyeh leyeh tapi masih bisa idup berarti either jadi parasit or dia punya cukup uang tanpa kerja, artinya dia memilih untuk tidak kerja,
X : namanya pengangguran friksional ya?
Y : iya, mahasiswa yang nganggur itu pilihan namanya voluntary unemployment, menganggur
karena mereka mau kerja pake dasi, bukan jualan lotere, atau buka toko di tanah abang

X: terus kenapa banyak yang ga dapet kerja buat yang nyari?
Y: namanya juga kompetisi, ada yang kalah ada yang menang, ada yang dapet kerja ada yang masih mesti sabar nunggu sampe ada perusahaan yang narik. Asalkan ekonomi kita tumbuh terus kita gak terlalu khawatir, cuma memang semakin rigid gaji semakin susah lah perusahaan nambah pekerja ya gak?
Y : ini bukan masalah kapitalis, logika saja, kalo nambah terus pekerja emang nambah untung?nah kalo rugi gimana? bukannya makin banyak PHK jadinya?
Y: di negara negara komunis orang dilahirkan udah jadi pekerja, dia bakal kerja jadi buruh terus
seumur hidupnya, kerjanya bikin produk yang udah diset buat mereka, kayak robot. Kadang romantisme ini diikutin sama orang yang kerja di sektor buruh, padahal justru dengan sistem yang ada sekarang orang bisa jadi buruh di satu periode, tapi juga bisa jadi pemilik modal di periode berikutnya,

Y: people miss the forest for the trees, kadang orang lupa hal hal seperti itu, bahwa kita punya pilihan. Jadi lo pikir kalo sistem mana lebih baik?
X : gak tau ya..

Y: well kita bisa pilih yang ditengah tengah, pasar full berkuasa bisa baik, tapi kalo setengah setengah bisa amburadul, nah kondisi ekonomi kita selalu setengah setengah, ada yang korupsi, ada yang tajir banget sampe semua lini ekonomi dikuasai, nah untuk itu ada peran pemerintah sedikit, peran distributif namanya, pajak dan subsidi maen disini

X: nah itu pemerintah tanggung jawab dong..
Y: betul, tapi lo bayar pajak gak sih? kalo iya bayar berapa?
X: pajak penghasilan gua kayaknya dipotong, gak tau juga ya ga pernah cek
Y: nah itu lah, sebagian dari kita terlalu banyak nuntut, tapi partisipasi gak mau, masalah kemiskinan misalnya berapa sih uang yang lo kasih ke orang miskin tiap hari? Padahal pemerintah mesti bayarin PNS, bayarin pengeluaran ugal ugal-an DPR, pejabat, diplomat, dll

X: kan banyak dipake utang tuh? uang pajak kita?
Y: Yah nambah lagi deh idenya, utang itu mesti dibayar, masak mau ngemplang? semakin cepet dibayar semakin baik, biar gak nambah banyak, ya toh?
X: iya tapi katanya presiden kita ngutang terus toh?
Y : well utang itu membeli waktu, asal kita punya uang untuk bayar balik gak masalah, dulu kan maslahnya utang bisa, tapi bayarnya mikir nanti. Utang itu seperti kalo lo punya kartu kredit, terus mesti bayar kos-an akhir bulan, padahal gaji baru awal bulan. (1) Asal lo masih bisa bayar kan gak masalah? (2) yang penting utangnya dipake buat yang produktif, bikin jalan, bikin rumah sakit, dll.

X: maksudnya?
Y : Sama kayak lo pake kartu kredit lo, kartu kredit akan sangat berguna kalo gak kebablasan belanja, sama yang lo beli bisa lo gunain, gak langsung ilang gitu aja. contoh : beli pake kartu kredit untuk makan di starbucks atau untuk bayar sekolah anak? outputnya starbucks kan lo buang ke WC doang. Loe pikir kenapa banyak diskon kartu kredit buat hal hal ga produktif macam itu? itu loh yang beli satu dapet dua hheehe..

0 comments:

Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger | Blue Business Blogger