Dear Mr/Mrs Anonymous,,,

Ada satu comment yang dilancarkan Mr/Mrs Anonymous dalam tulisan tentang bali bomber beberapa waktu lalu, kritik yang bagus, argumen bahwa tak sepantasnya orang orang menilai orang lain dari prespektif pandangan masing masing...well saya sangat setuju, itulah kenapa ilmu sosial sendiri dibangun dan terus membangun (artinya tak ada yang tetap, eksak, selalu berkembang, well. that's what makes it so interesting)..Ilmu ekonomi seperti halnya ilmu lainnya melihat segala hal dari point of view yang berbeda, sebagai orang ketiga, netral dan inheren dengan asumsi asumsi.. jadi point saya, tulisan ini menilai dengan sudut pandang yang netral, belum tentu benar, but I have my own judgements which is based on empirical studies and theories.. secara ilmiah, ilmu sosial terdiri dari pertama, observasi. Kedua, menambahkan fakta fakta empirik, dan kemudian mengambil kesimpulan sesuai dengan kaidah teoritis yang ada.

so, sah sah saja orang melakukan analisa ilmiah, tokh saya tidak menerangkan hal gaib pada orang yang tak percaya hal gaib, tapi menganalisa kondisi yang ada dari prespektif yang berbeda, plus just trying to be rational and to rationalize this irrational world

4 comments:

Blogger admirer said...

allow!
ikutan komentarin si anonimous ya..
saya siy gak kenal siapa dia atau yang dia komentarin tentang apa

tapi kata katanya yang kamu kutip bahwa tidak sepantasnya orang menilai orang lain dari perspektif pandangan masing masing...

saya kurang setuju..
kata seorang prancis yang super arogan, a subject can not be an object at the same time, you will never can evaluate your self objectively..

so, let others do.
kalo gak dari perspektif masing masing gimana lagi? soalnya setiap orang punya pengalaman beda2 (seperti pak rajawali ini) sehingga hasil studi empirisnya juga beda beda.

asal ...
tulus aja menilainya
tanpa embel emebel sirik atau menjilat.

itu saya sih..

Blogger admirer said...

eh eh, saya udah baca ding postingan bali bomber itu..
baru nyambung.

komentar lagi ah..

mmm
bener itu komentarnya..
saya setuju banget.
tapi kan nggak ada hubungannya sama kebebasan berkomentar dan keleluasaan berpikir

bebas bebas aja kali mau menilai hantu walau gak pernah kenal mereka atau mencaci islam karena yang kita tau dari koran islam is terorism.

kan katanya demokrasi...
demokrasi nggak?

Rajawali Muda said...

wah thanks ya mau komen..salam kenal

bung blogger admirer,
saya jadi bingung baca komen mu, jadi setuju atau tak setuju nih?plus pada yang mana?

anyway, kita demokrasi kok, jadi whatever u want to write you are free to comment here..just don't be iritated if someone has a different prespectives

cheers

si saya said...

haduuuu rupanya si sung rajawali muda ini banyak penggemar yah?!
hohoho, keep on blogging. saya rasa, blog itu adalah sarana, wadah or whatever you named it untuk mengaspirasikan apa yang ada di pikiran kita (amm, saya gak bermaksud untuk bikit ribet bahasa saya sih) jadi kalo ada orang gak setuju, ya itu bagus..bukannya itu bakal 'memperkaya' wawasan kita tentang karakter manusia yang berbeda-beda?

Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger | Blue Business Blogger